Diet Golongan Darahmu (O)

spoiler5

Daging dan Unggas

  • Dapat menyantap sapi, domba, kalkun, ayam atau ikan sesering mungkin.
  • Berbanding lurus dengan gerak/olahraga – protein.
  • Bermanfaat : Sapi, kerbau, hati, rusa, jantung, domba.
  • Netral : ayam, bebek, kambing, angsa, belibis, kuda, burung unta, pegar, kelinci, tupai, kalkun
  • Hindari : Daging asap, Ham, Babi, Burung puyuh, penyu
  • Frekuensi 3 – 5 kali seminggu

 

Hasil Laut

  • Frekuensi : 2 – 5 kali seminggu
  • Ikan kaya dengan vitamin K untuk pembekuan darah.
  • Gangguan pembekuan darah sering menjadi masalah untuk gol. darah O
  • Makanan laut merupakan sumber yodium yang mengatur tiroid.
  • Fungsi tiroin golongan darah O tidak seimbang dan menyebabkan masalah metabolisme.
  • Bermanfaat : Ikan bass, Cod, halibut, perch, pike, trout pelangi, snapper merah, sole (kecuali abu2), sturgeon, todak, tile, ekor kuning.
  • Netral : ankovi, beluga, bluefish, trout brook, bullhead, mas, remis, mata opal, roughy orange, tiram, kakatua, pikerel, pompano, kaviar, chub, kepah, kepiting, croaker, cusk, drum, belut, flounder, sole abu2, grouper, haddock, hake, halfmoon, harvest, hering segar, lobster, makerel, mahimahi, monkfish, mullet, porgy, rosefish, sailfish, salem, sardin, skalop, scup, trout, hiu, udang, smelt, siput, sucker, matahari, tilapia, tuna, penyu, weakfish, whitefish, whiting.
  • Hindari : Abalon, barakuda, catfish, cumi2, conch, kodok, hering cuka, loks, muskellunge, gurita, pollack.

 

Telur & Susu

  • Frekuensi :
    • Telur : 1 telur 3 -4 kali seminggu
    • Keju : 2 ons 0 – 1 kali seminggu
    • Yogurt : 4 – 6 ons 0 – 1 kali seminggu
    • Susu : 4 – 6 ons 0 – 1 kali seminggu
  • Orang bergolongan darah O harus membatasi konsumsi susu, karena metabolisme tidak dirancang untuk susu dan tidak akan betul2 bermanfaat.
  • Telur dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang karena sumber DHA untuk mental dan penglihatan.
  • Alternatif menggunakan susu kedelai dan keju kedelai.
  • Pastikan mengkonsumsi suplemen kalsium tiap hari.
  • Bermanfaat : Tidak ada
  • Netral : mentega, telur ayam, telur bebek, keju petani, keju feta, ghee, keju kambing, keju mozzarella,
  • Hindari : keju, susu mentega, kasein, telur puyuh, es krim, krim, kefir, susu sapi, susu kambing, minuman sherbet, dadih, yogurt.

 

Minyak dan Lemak

  • Frekuensi : 1 sendok makan untuk 5 – 8 kali seminggu.
  • Gol. Darah O dapat merespon minyak dengan baik untuk buang air besar.
  • Bermanfaat : Minyak biji rami, minyak zaitun
  • Netral : minyak buah almon, biji anggur hitam, borage, kanola, wijen, biji kenari, hati ikan cod.
  • Hindari : minyak kastor, kelapa, jagung, biji kapas, evening primrose, kacang tanah, minyak safflower, kedelai, bunga matahari, biji gantum.

 

Kacang dan Biji-bijian

  • Frekuensi : Kacang segenggam 2 – 4 kali seminggu, mentega kacang (1 -2 sendok teh).
  • Menjadi sumber protein nabati dan tidak boleh menggantikan daging tinggi protein.
  • Lemak tinggi dan tidak diperlukan selama diet.
  • Sering menyebabkan gangguan usus.
  • Bermanfaat : biji rami, biji labu, biji kenari
  • Netral: biji buah almon, mentega buah badam, keju buah badam, susu buah badam, kacang mentega, kacang hazel, kacang hikori, kacang makadamia, kacang pecan, mentega pecan, kacang pinus, buji safflower, mentega wijen, biji wijen.
  • Hindari : kacang beech, brasil, mete, berangan chesnut, lici, kacang tanah, mentega kacang, kacang pistakio, biji opium, mentega bunga matahari, biji bunga matahari.

 

Polong – Polongan

  • Frekuensi : 1 cangkir kering 2 – 4 kali seminggu.
  • Tidak menjadi bagian penting dalam makanan.
  • Sebagian besar mengandung lektin dalam jaringan otot.
  • Usahakan mendapat protein dari daging.
  • Bermanfaat : kacang adzuki, kacang polong mata hitam
  • Netral : kacang hitam, babi, kenaloni, fava, garbanzo, chickpea, buncis, kapri, jikama, lima, mung, kecambah, northem, ercis, merah, snap, kedelai, tempe, tahu, string, putih
  • HIndari : kacang tembaga, ginjal, miju miju, navi, pinto, tamarind

 

Selealia, Roti dan Pasta

  • Tidak ada yang bermanfaat, tidak penting bagi diet, harus dibatasi agar daging dan ikan lebih efektif.
  • GOl. darah O tidak bisa menerima produk gandum utuh, karena mengandung lektin yang bereaksi dengan darah dan saluran pencernaan dan mengganggu penyerapan makanan. Merupakan penyebab utama penambah berat badan.
  • GLuten bagi golongan darah  O mengganggu metabolisme. Roti dan Muffin adalah sumber masalah karena mengandung tepung gandum.
  • Bermanfaat : Roti Essene, manna
  • Netral : amaran, pasta articok (murni), buchwheat/kasha, ezekiel, roti tanpa gluten, sajian krim beras, kamut, millet, kulit gandum oat, bubur gandum oat, quinoa, millet sereal, kulit beras, roti beras, kue beras, beras, susu beras, roti gandum hitam, mi soba, roti tepung kedelai, spelt, produk tepung spelt, tapioka, teff.
  • Hindari : jawawut, jagung, sereal cornflakes, sereal cornmeal, krim gandum, gandum tumbuk, koe muffin inggris, sereal familia, farina, tepung gluten, grits, granola, sereal grape-nuts, matzo roti tak beragi, brondong jagung, roti pumpernicket, roti sereal seven grain, sereal shreedded wheat, sorghum, pasta bayam, gandum wheat, roti gandum wheat, benih gandum wheat, produk tepung gluten.

 

Sayur – Sayuran

  • Frekuensi : 1 cangkir 3 -5 kali seminggu
  • Komponen utama dalam diet.
  • Hindari sayuran yang menghambat fungsi tiroid yang lebih lemah pada tubuh.
  • Sayuran yang kaya vitamin K untuk membantu pembekuan darah.
  • Semua harus hindari jagung terutama untuk masalah  berat badan dan diabetes.
  • Bermanfaat : articok, bawang bombay, bayam, beet hijau, beet daun, brokoli, chicory, collard hijau, dandelion, daun petersell, escarole, horseradish, kale, kelp, ubi, kohlrabi, lobak china, okra, parship, selada romaine, waluh.
  • Netral : adas pedas, andewi, arugula, asparagus, bawang merah putih, beet, berangan ari, kacang string, cabai, daikon, ercis, escarole, jamur, jus kubis, kubis, labu, lada, pakis, radicio, radis, rappini, rebung, rutabaga, sauerkraut, sawi, scallion, selada, ajar seledri, terung, tomat, wortel, yam, zaitun, zucchini
  • Hindari : Avokad, bawang perai, jagung, jamur, kecambah alfalfa, kembang kol, kentang, lidah buaya, mentimun, mustard hijau, zaitun hitam.

Buah – Buahan

  • Frekuensi : 1 cangkir/buah 3 – 5 kali seminggu
  • Dapat mengganti roti dan pasta dengan buah, dapat menurunkan berat badan.
  • Hindari jenis buah yang asam tinggi karena meningkatkan keracunan usus.
  • Bermanfaat : blueberry, jus nanas, buah ara, ceri, jambu biji, jus ceri, mangga, pisang, plum, prune
  • Netral : anggur, apel, aprikot, belimbing, boysenberi, buah currant, sukun, melon, cuka apel, delima, buah beri kecuali beri hitam, jeruk kecuali jeruk biasa dan mandarin, kurma, nanas, nektarin, pepaya, persik, pir, quince, sagu, semangka, strowberi.
  • HIndari : beri hitam, blewah, jeruk mandarin, kelapa/santan, kiwi, melon madu, pare, pir asia, pisang raja.

 

Jus dan Sirop

  • Frekuensi : 8 ons untuk 2 – 3 kali seminggu
  • Dianjurkan mengkonsumsi jus sayuran karena sifat basa.
  • Pilihlah jus buah yang berkadar sukrosa rendah.

 

Bumbu – bumbuan

  • Rempah – rempah meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.
  • Cari yang kaya yodium, melawan keasaman pencernaan, kadar fukosa tinggi.
  • Bermanfaat : alga merah, bumbu kari, carob, cabai, daun petersell, ganggang laut, kelp, kunir, lobak.
  • Netral : agar – agar, garut/ararut, asam jawa, peppercorn, bawang putih, bergamot, bubuk pedas, cengkih, cokelat, cuka, licorice, madu, marjoram, miso, mustard, oregano, panili, paprika, pektin apel, peppermint, ketumbar, salam, selasih/kemanggi, dill, almon, garam laut, gelatin, gula, jemuju, jintan, kapulaga, kayu manis, kecap, ketumbar, krim tartar, kucai, kunyit, lada, petersell, ragi, rempah buah beri, rosmari, sage, savori, servil, sirop beras, sirop kental, sirop mapel, spearmint, stevia, sukanat, tamari, tapioka, taragin, timi, wintergreen.
  • Hindari : aspartam, biji pala, buah juniper, bunga pala, caper, carrageenan, cuka, dekstrosa, fruktosa, ganggang laut, getah arab, getah guar, guarana, lada, maltodekstrin, MSG, pati jagung, sirop jagung.

 

Penyedap Rasa

  • Tidak ada yang bermanfaat untuk gol. darah O, jadi gunakan seperlunya saja.
  • HIndari sirop tomat (meski tomat boleh) karena mengandung cuka dan jagung.
  • Semua makanan acar susah dicerna gol. darah O.
  • Kurangi penyedap rasa.
  • Bermanfaat : tidak ada
  • Netral : jeli, mentega apel, moster, saus salad, selai.
  • Hindari : acar, asinan, pickle relish, saus salad mayones, saus tomat, saus worcestershire.

 

Tanaman Obat & Teh Herbal

  • Menenangkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.
  • Masalah gol darah O darah kental.
  • Bermanfaat : Chickweed, dandelion, daun peterseli, hop, jahe, kelabat, linden, mulberi, peppermint, rose hip, sarsaparilla, slippery elm.
  • Netral : Akar licorice, catnip, daun raspberi, dong quai, elder, ginseng, hawthorn, horehound, kamomil, kulit pohon ek putih, mullein, sage, skullcap, spearmint, timi, valerian, white birch, yarrow.
  • Hindari : Alfalfa, burdock, clover merah/semanggi merah, coltsfoot, corn silk, daun stroberi, echinacea, gentian, goldenseal, lidah buaya, rhubarb, senna, shepheds purse, yellow dock.

 

Minuman

  • Sedikit sekali minuman yang dapat dikonsumsi gol. darah O.
  • Jangan pilih minuman yang meningkatkan pengeluaran asam lambung, terbuat dari gandum seperti bir dan kopi.
  • Bermanfaat : air soda dan teh hijau.
  • Netral : anggur merah.
  • hindari : anggur putih, kopi, minuman keras, soda, teh hitam.

 

Suplemen GOlongan darah O

  • Fokus : Meningkatkan metabolisme, aktivitas pembekuan darah, cegah peradangan, menstabilkan tiroid.
  • Beberapa vitamin dan mineral terdapat dalam makanan dan tidak diperlukan dalam bentuk suplemen.
  • Bermanfaat : Vitamin B, pastikan tidak mengandung zat tambahan. Hindari resep yang mengandung ragi, benih gandum. Kaya vit. B : daging, hati-ginjal-dagingotot, telur, ikan, kacang berkulit, sayuran hijau berdaun, buah, ragi nutrisional.
  • Bermanfaat : Vitamin K, masalahnya mempunyai lebih sedikit faktor pembekuan darah. Vit. K tidak dianjurkan dalam bentuk suplemen. Makanan : Hati, minyak ikan, kuning telur, sayuran hujau berdaun seperti kale dan collard.
  • Bermanfaat Kalsium, harus terus menerus memasukkan kalsium karena tidak boleh mengandung susu. Sering terjadi radang sendi. Diperlukan kalsium dosis tinggi sekitar 600 – 1100 mg kalsium. Makanan : Ikan sardin, salem kaleng, brokoli, collard.
  • Bermanfaat Yodium, orang gol. darah O cenderung metobolisme tiroid tidak stabil karena kurang yodium. Efeknya seperti berat badan, retensi cairan dan kelelahan. Yodum satu2nya mineral yang menghasilkan hormon tiroid. Suplemen yodium tidak disarankan. Makanan : hasil laut (ikan air asin), kelp (ganggang), garam beryodium.
  • Bermanfaat Mangan, Orang gol. darah O sulit mendapatkan asupan mangan karena mangan banyak diperoleh dari sereal dan kacang polong. Suplemen mangan jarang dianjurkan. Mangan tersebut harus saran dokter dan jangan inisiatif sendiri karena akan keracunan mangan.
  • Hindari Vitamin A, karena darah mengalami proses pembekuan yang lebih lambat. Suplemen ini dapat meningkatkan pengenceran darah. Sebaiknya makan makanan yang kaya vitamin A atau betakaroten. Makanan : Ikan air – dingin, sayuran berdaun kuning, orange, dan gelap.
  • Hindari Vitamin E, karena suplemen vitamin E melambat proses pembekuan darah. Ambillah dari makanan seperti minyak sayur, hati, kacang berkulit dan sayuran hijau berdaun.
  • Tanaman Obat Licorice (glycyrrhiza Glabra). Mudah terkena tukak lambung. Dapat menggunakan DGL (deglycyrrbizinated licorice) mengurangi rasa tidak nyaman dan membantu penyembuhan.  DGL dalam bentuk bubuk atau pastiles manis.
  • Tanaman Obat Bladderwrack (Fucus vesiculosis). Ganggang yang mengandung yodium dan sejumlah besar gula fukosa yang membantu melindungi dinding usus. Mengontrol berat badan untuk gangguan tiroid.
  • Tanaman Obat Enzim pankreas. Jika kita belum terbiasa diet berkadar protein tinggi silahkan ambil enzim pankreas pada makanan hingga sistem pencernaan menyesuaikan diri terhadap protein yang lebih terkonsentrasi. Enzim ini banyak diperoleh di toko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s