Ibu Kota Sistem Planet Svargaloka

Dalam Srimad Bhagavatam buku kelima dan kedelapan dijelaskan tentang tata kota sistem planet yang dihuni oleh para dewa. Planet atau tempat para dewa ini bukanlah tempat Tuhan berada. Letak tempat bersemayam para dewa ini tidak jauh dari Bumi. Ada delapan ibu kota yang berada di puncak gunung semeru (bukan yang di jawa ya … heuheuehu). Namun gunung ini berbentuk “kerucut terbalik”. Sebutannya macem – macem, ada sebagai Asgard (viking), ziggurat (semeria), Qunlun (tiongkok) dan sebagainya.

Kota ini berbentuk persegi delapan yang persis yinyang dari Tiongkok. Sebutan sankikrtanya adalah Amarawati atau amarantha (latin) atau amaranthine (english, kekal). Kota ini terbuat dari emas sehingga disebut sebagai Satakumbhi.

Screen Shot 2020-03-24 at 21.03.20

Dari 4 penjuru mata air mengalir ke tengah (akasa gangga) dan jatuh ke bumi.

Ada 9 kota dalam Satakumbhi :

  1. Brahmapuri (tengah, Dewa Brahma)
  2. Amarawati (timur, Dewa Indra)
  3. Tejowati (tenggara, Dewa Agni)
  4. Samyamani (selatan, Dewa Yama)
  5. Krisnanggana (barat daya, Dewa Niritti)
  6. Sradavati (barat, dewa Baruna)
  7. Gandawati (barat laut, dewa Vayu)
  8. Mahodaya (utara, dewa Kuvera)
  9. Yasowati (timur laut, dewa Isana)

Dari brahmapuri mengalir sungai dari 4 arah mata angin, dari tengah disebut akasa gangga ke utara (bhadra gangga), timur (sita gangga), selatan (alakananda gangga) dan barat (caksu gangga). Sungai Gangga di bumi berasal dari planet ini. Dituangkan dari orbit bulan dan jatuh ke Himalaya (via gerbang antar dimensi). Dari Himalaya pecah menjadi tujuh arah sungai.

Bagaimana cerita – cerita tentang planet para dewa ini ? Planet para dewa ini kadang diserang para Asura (iblis). Apabila para dewa kalah, maka semua dewa akan menuju nenek moyangnya, yaitu dewa Brahma dan memanjatkan doa di Stevadvipa. Stevadwipa dikenal sebagai bintang kutub atau polaris. Bintang tersebut memiliki sinarnya sendiri dan materialnya berasal dari dunia rohani (antimateri, tempat Tuhan berada).

Bacaan lain

http://truth.prabhupada.org.uk/are-prabhupadas-books-been-changed-to-support-the-flat-earth-theory

http://www.iskcon-truth.com/bhu-mandala/fourteen-worlds.html

 

2 thoughts on “Ibu Kota Sistem Planet Svargaloka

Leave a comment